B E R I T A

Kamis, 23 Oktober 2008

Vatican : Jangan Golput!

Senin, 06/10/2008
Vatican : Jangan Golput!
Alfian Banjaransari - DetikNews

Jakarta - Menjelang pemilu, istilah golongan putih alias golput kerap terdengar. Mungkin karena fenomena ini makin menggejala, Vatikan pun turun tangan. Gereja Katolik Roma menyerukan agar umat Katolik tidak golput.

"Agama tidak seperti merokok, yang bisa ditoleransi dalam kehidupan privat namun dikontrol secara ketat dalam ruang publik," ungkap Menteri Luar Negeri Vatikan Kardinal Tarscisio Bertone.

Hal itu disampaikan dia dalam jumpa pers mengenai agama dan politik, seperti dilansir Reuters, Senin (6/9/2008).

Sementara itu Uskup Giampaolo Crepaldi, orang nomor dua di Dewan Vatikan untuk Keadilan dan Perdamaian berkata, umat Katolik hendaknya tidak cuek ketika sebuah pilihan politik sedang ditentukan. Hal itu, kata dia, agar suara dapat didengar.

"Tuhan tidak bisa hanya ditinggal di bangku gereja," ujarnya.

Suasana perpolitikan dunia yang kian memanas juga membuat kalangan Vatikan berkomentar. Minggu lalu, Uskup Raymond Burke dari AS mengecam partai Demokrat AS dan menyebutnya sebagai 'Partai Kematian' karena persetujuan partai Demokrat terhadap aborsi.

Burke menyerang politikus partai Demokrat, calon wakil presiden AS Joe Biden dan Ketua DPR AS Nancy Pelosi sebagai 'orang-orang yang salah mengartikan ajaran Katolik'.

Komentar Burke pun menuai kecaman dan dukungan di dunia maya. Oleh yang mengecam, Burke dituduh sedang berusaha mempengaruhi pemilihan presiden AS, sementara pendukung Burke menanggap bahwa ucapan Burke menunjukkan keberanian seorang uskup.

Terhadap gejala 'uskup bicara politik ini' John Allen, seorang pengamat agama berkomentar, apa yang terjadi di AS sekarang ini mau tidak mau menciptakan situasi yang membuat pemimpin Gereja merasa harus berbuat sesuatu.(alf/ken)

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar: